Skip to main content

Albert Nobbs "Lay Your Head Down"

Ini dia film karya aktris senior Glenn Close. Mengangkat tema Transgender, film yang dibintangi sendiri oleh Glenn Close sebagai tokoh utama Albert Nobbs, seorang Transgender yang bekerja sebagai pelayan di sebuah hotel di Irlandia. Mengambil setting Irlandia akhir abad 19 film ini sukses menyajikan alur cerita yang menarik. Walau hanya berada di level nominasi untuk make up, aktris utama terbaik dan aktris pendukung terbaik dalam Oscar 2012 yang lalu, tetap saja film ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari berbagai film festival lainnya.
Film yang disutradarai oleh Robert Garcia ini ditulis berdasarkan sebuah cerpen berjudul "The Singular Life of Albert Nobbs" yang ditulis oleh George Moore. Film ini bertamabah sentuhan tangan langsung Glenn Close ketika original sound track film ini ditulis sendiri oleh Glenn Close dengan judul "Lay Your Head Down" yang diaransemen oleh Brian Byrne dan dinyanyikan oleh Sinead O'Connor dengan begitu indahnya.
Diberi judul sama dengan nama tokoh utama, film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang transgender Albert Nobbs (Glenn Close) yang bekerja sebagai pelayan disebuah Hotel di Dublin, Irlandia. Albert Nobbs terlahir sebagai seorang perempuan, Nobbs kecil hanya mengetahui ibunya dari sebuah foto yang dititipkan ibunya ketika memberikannya kepada orang lain untuk diasuh. Saat berusia 14 tahun Nobbs mengalami kekerasan seksual berupa perkosaan yang dilakukan lima orang. Sejak saat itu Nobbs mengalami trauma akan kejadian tersebut. Suatu hari Nobss datang ke sebuah acara di hotel dan melihat para pelayan di hotel tersebut dan tertarik untuk bekerja. Nobbs pun mengubah penampilannya layaknya para pelayan laki laki di hotel tersebut.
Dalam film ini Nobbs bekerja di sebuah hotel ternama di kota Dublin, Nobss dan pelayan pelayan yang lain pada saat itu tinggal di asrama khusus pelayan di hotel itu. Suatu hari Nobbs harus berbagi kamar dengan seorang tukang cat Mr.Page yang diperankan oleh Janet McTeer. Nobbs yang pertama kalinya tidur dengan orang lain merasa canggung dan aneh apalagi dengan seorang lelaki. Nobbs yang masuk ke dalam kamarnya usai bekerja mendapati Mr.Page tengah tertidur, kemudia Nobbs pun mengganti bajunya dan tiba tiba Mr.Page terbangun dan melihat ternyata Nobbs adalah seorang perempuan. Karena takut perannya selama ini terbongkar, Nobbs pun memohon mohon kepada Mr>page untuk tidak memberitahukan kepada siapapun. Nobbs pun senang karena Mr.Page mengabulkan permohonannya.
Suatu hari mereka saat sedang istirahat kerja, Nobbs memebawakan kudapan setelah makan siang untuk Mr.Page dan cerita pun dimulai, Mr.Page memberitahukan kenapa dia mau menyimpan rahasia Nobbs, cerita pun diakhiri dan kesimpulnnya ternyhata adalaha Mr.Page adalah seorang perempuan yang berpenampilan laki laki sama seperti Nobbs. Karena kesamaan pilihan hidup akhirnya Nobbs dan Page pun dekat. Suatu hari Nobbs pun penasaran akan cerita Page, bahwa dia telah menikah. Nobbs yang ingin tahu apakah Page menikah dengan lelaki atau perempuan kemudian mengunjungi rumah Page. Setelah sampai di rumah Mr.Page, nobbs pun mendapati kenyataan bahwa Mr.Page menikah dengan seorang perempuan. Nobbs yang sebelumnya telah merencanakan membeli sebuah toko dan membayangkan menjalankan sebuah toko tobaco dengan istrinya. Nobbs yang apada saat itu juga tengah jatuh hati pada seorang pelayan perempuan bernama Helen Dawes yang diperankan oleh Mia Wasikowska, kemudain semakin yakin bahwa impiannya akan terwujud.
Nobbs kemudian melakukan pendekatan kepada Helen. Sayangnya langkah Nobbs mendekati Helen menemui rintangan, Helen telah menjalin kisah cinta dengan Joe Mackins yang diperankan oleh Aaron Johnson. Namun Nobbs tidak berhenti untuk mendekati Helen. Namun kebaikan Nobbs dimanfaatkan oleh Helen dan Joe, Joe yang ingin meninggalkan Irlandia untuk pergi ke Amerika kemudian memperalat Helen untuk memanfaatkan Nobbs yang diketahuinya menyimpan uang yang cukup banyak hasil kerjanya selama ini. Ditengah tengah Nobbs memperjuangkan cintanya, musibah pun datang, wabah tipus dan demam menyerang satu kawasan kota Dublin dan merenggut nyawa puluhan jiwa di kota itu, termasuk istri Mr. Page. Nobbs yang juga terserang tipus kemudia membaik dan menjalankan rutinitas kesehariannya.
Suatu hari usai wabah menyerang, Nobbs ingin bercerita kepada Mr.Page tentang soal percintannya dengan Helen yang menemui jalan buntu,setelah tiba di rumah Mr.Page, Nobbs baru saja tahu bahwa Mr.Page sedang berduka setelah kematian istrinya. Nobbs yang ingin punya teman untuk menjalankan bisnis dan teman dalam hidupnya menawarkan diri untuk hidup bersama Mr.Page, namun Mr.Page menolaknya. Mr.Page yang masih menyimpan pakaian pakaian istrinya kemudian memperlihatkan pakaian pakaian itu kepada Nobbs dan mengajak Nobbs untuk berjalan jalan dengan menggunakan gaun perempuan. Setelah sekian lama berpenampilan laki laki, Nobbs pun canggung dan berasa aneh ketika menggunakangaun perempuan. Gambar menarik pun tersuguh dalam scene ini dimana Nobss berlari begitu lepas dan sangat bahagia ketika mengenakan gaun tersebut di sebuah pantai.
Konflik antara Joe Mackins dan Helen semakin memanas ketika tau Helen tengah mengandung. Suatu malam pertengkaran pun terjadi anatar Joe dan Helen, Nobbs yang mendengar pertengakaran itu kemudian datang untuk menyudahi pertengakaran itu dan menawarkan diri pada Helen untuk meninggalkan Joe dan kemudia hidup bersamanya. Nobbs yang kalah besar dengan Joe akhirnya jatuh dan terhempas ke dinding, kepala Nobbs pun berdarah, Nobbs kemudian tanpa bicara masuk ke dalam kamarnya dan kemudian berbaring di tempat tidurnya sambil tersenyum Nobbs pun mengakhiri semua kisahnya pada malam itu. Pagi harinya Helen menemukan Nobbs dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Sepeninggal Nobbs, Helen melahirkan bayi laki laki yang kemudian diberi nama Albert Joseph. Mr.Page yang datang ke hotel tersebut untuk sebuah kerjaan, terkejut mengetahui sahabatnya itu telah tiada, Mr.Page kemudia mendatangi Helen dan memberitahukannya untuk tidak tinggal di hotel itu lagi karena Nobbs telah membelikannya sebuah toko tobaco untuk membiayainya hidup bersama putranya.
Sepanjang hidupnya di hotel tersebut hanya ada dua orang yang mengenali Nobbs sebagai seorang perempuan yang berpenampilan laki laki yakni dokter hotel tersebut dan seorang anak pengunjung hotel yang selalu saja memperhatikan Nobbs.

Comments

Popular posts from this blog

The Lucky One

"finding the lights means you must pass through the deepest darkness" Ini pertama kalinya saya mereview film drama bertemakan cinta, yang memenangkan beberapa penghargaan Teen Choice Award. Mungkin akan terdengar sedikit aneh yah, tapi bagaimanapun juga pesona seorang Zac Efron dalam film percintaan tetap saja jadi daya tarik sendiri bagi penggemar remaja hingga dewasa. Dalam film ini, Zac Efron (Logan) memerankan seorang marinir yang baru saja kembali dari perang di Irak dan lawan mainnya Taylor Schiling memerankan Beth. Film ini meneceritakan keberuntungan seorang marinir bernama Logan yang lolos dari maut berulang kali sejak dia menemukan sebuah foto di medan perang, foto seorang perempuan yang tidak pernah dikenalnya. Logan yang terus berusaha mencari dengan menggunakan semua petunjuk yang terdapat dalam foto itu. Akhirnya logan memutuskan untuk berjalan kaki untuk mencari perempuan di dalam foto itu. Sesampainya di sebuah kota bersama anjing peliharaannya,

The Pursuit of HappYness

Jika disuruh menyebutkan siapa aktor favorit saya, Will Smith akan menjadi salah satu yang saya sebutkan setelah Tom Hanks. Bagaimana dengan aktris, jika aktor saya punya banyak jagoan maka saya hanya akan memilih Helena Bonham Carter sebagai aktri favorit saya, Peran Helena dalam Fight Club (1999),Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007) dan yang paling baru The King's Speech (2010)membuat saya langsung jatuh cinta pada aktris kelahiran Golders Green, London, empat puluh enam tahun lalu. Kali ini saya akan coba mereview film karya Gabriele Muccino bergenre drama keluarga berjudul The Pursuit of HappYness. Film ini mungkin tidak begitu terkenal seperti The Departed, Apocalypto, Pans Labyrinth, dan Pirates of The Carribean; Dead Man's Chest yang release di tahun yang sama. Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata ini ditulis dengan begitu menarik oleh Steve Conrad dari buku yang berjudul sama. Film yang mengisahkan perjalanan hidup Chris Gardner ini diperankan

Hara-Kiri: Death of a Samurai

Mungkin masih lekat dalam ingatan kita, bagaimana kisah The Last Samurai (2003) yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Ken Watanabe. The Last Samurai banyak mengangkat keadaan kultural dan segala intriknya pada masa transisi pasca restorasi Meiji. Kali ini saya tidak akan membahas apa yang terjadi dalam film The Last Samurai, kali ini saya akan mengangkat hal yang lebih detail tentang kehidupan seorang Samurai pada masa Shogun berkuasa. Hara-Kiri: Death of a Samurai inilah judul film yang akan kita bahas kali ini. Disutradarai oleh Takashi Miike dan berlatar belakang Jepang sebelum restorasi Meiji. Hara-Kiri adalah film yang diangkat dari sebuah novel karya Yasuhiko Takiguchi dengan judul Ibun rônin-ki sedangkan skenario nya ditulis oleh Kikumi Yamagishi. Film yang dibintangi Kôji Yakusho, Eita dan Naoto Takenaka ini diproduksi oleh Recorded Picture Company bekerja sama dengan Sedic International dan Amuse Soft Entertainment dengan durasi hampir dua jam. Bergenre drama film ini menyaji